Curah Hujan Masih Tinggi, Ini Langkah Antisipasi BPBD Kota Tegal

  Sabtu, 20 Februari 2021   Lilisnawati
Personel BPBD Kota Tegal saat gelar pasukan kesiapsiagaan bencana.(dok)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal mengimbau masyarakat Kota Tegal untuk waspada dan siaga banjir.

Sebab, curah hujan di wilayah Tegal Raya masih terpantau tinggi. Bahkan, berdasarkan informasi BMKG Tegal, curah hujan tinggi akan berlangsung hingga Maret 2021.

Kalak BPBD Kota Tegal, Andri Yudi Setyawan mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi musim hujan 2020-2021, khususnya pada bulan Januari hingga Maret 2021 yang menjadi puncak musim penghujan.

''Sebenarnya sejak 1 Desember 2020, kita sudah menyiapkan langkah antisipasi. Dari personel, peralatan hingga pendirian posko," katanya, Sabtu (20/2/2021).

Yudi mengatakan, ada 54 personel BPBD yang sudah disiapkan untuk siaga 24 jam.

"Personel kita siagakan 24 jam. Setiap hari mereka melakukan pemantauan. Kita juga sudah siapkan beberapa posko," ucapnya.

Kemudian, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan dasar penangulangan bencana di antaranya 2 perahu karet, 1 perahu viber, 3 pompa air, 2 genset, 3 Chainsaw serta peralatan lainnya.

''Kami juga telah menyiapkan logistik yang bekerjasama dengan Bidang Logistik BPBD Provinsi Jateng,'' ungkapnya.

Sementara Prakirawan BMKG Tegal, Sri Nurlatifah menjelaskan, bahwa kondisi cuaca di wilayah Tegal Raya saat ini tengah dipengaruhi adanya Monsun Asia.

Menurutnya, keberadaan Monsun Asia akan berlangsung hingga Maret 2021.

"Cuaca di Tegal Raya juga dipengaruhi faktor lain seperti adanya pusat tekanan rendah yang berada di Samudera Hindia selatan Jawa memperkuat aliran Monsun Asia dan memicu pola angin yang saling bertemu/konvergensi di sekitar wilayah Jawa," terangnya.

Sri menjelaskan, faktor tersebut semakin mendukung adanya pembentukan awan-awan konvektif yang bisa menyebabkan cuaca buruk, seperti hujan sangat lebat, hujan disertai petir serta angin kencang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar