Wagub Jateng Taj Yasin: Tanggul Kali Babakan Brebes Belum Bisa Diperbaiki

  Minggu, 21 Februari 2021   Dwi Ariadi
Wagub Jateng Taj Yasin didampingi Bupati Brebes Idza Priyanti saat meninjau banjir Ketanggungan dan kondisi tanggul Kali Babakan.(dok.Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengungkapkan, tanggul Kali Babakan Brebes belum bisa diperbaiki karena tanahnya masih lembek, sehingga diperlukan waktu hingga menunggu kering. 

"Untuk sekarang memang belum bisa ditangani. Sebab, tanah yang ada di sekitar sungai masih lembek, selain menunggu kering juga kita butuh tanah dari luar," ujar Taj Yasin saat peninjauan korban banjir Ketanggungan dan kondisi tanggul Kali Babakan, Jumat (19/2/2021). 

Menurut Taj Yasin, perlu ada peninggian tanggul Kali Babakan agar tidak terjadi banjir karena limpasan. 

"Tadi Saya sudah ngobrol sama ibu Bupati Brebes dan Dinas PSDA serta BPBD bahwa memang tanggul sungai ini sepanjang 500 meter ini perlu ditinggikan," ungkapnya usai meninjau lokasi banjir didampingi Bupati Brebes  Idza Priyanti.

Disampaikan oleh Taj Yasin, peninggian tanggul sungai sepanjang 500 meter itu sangat diperlukan. Pasalnya, jika debit air dari wilayah atas tinggi, otomatis air yang melintas di wilayah tersebut akan limpas dan menggenangi pemukiman warga.

Sementara Bupati Brebes Idza Priyanti menandaskan, pihaknya akan memperbaiki tanggul darurat. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung akan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki tanggul. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nushy Mansur juga menyampaikan, dua hari terakhir memang debit air Sungai Babakan sangat tinggi dan limpas ke pemukiman warga. Terakhir ada 11 desa yang terendam akibat limpasan Sungai Babakan.

"Namun, ada empat desa yang paling parah akibat banjir. Yakni, Desa Ketanggungan, Karangmalang, Dukuhturi dan Padakaton," ungkapnya.

Menurut Nushy, saat ini sudah mulai surut. Namun, sejumlah warga saat ini tengah membersihkan rumahnya yang tergenang lumpur akibat luapan Sungai Babakan.

"Hari ini, masyarakat masih melakukan pembersihan rumah-rumah mereka dari lumpur yang terbawa saat banjir kemarin malam," pungkasnya.

Taj Yasin dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir. Dibantu puluhan Santri Gayeng, Taj Yasin memberikan bantuan sembako dari rumah ke rumah warga yang terdampak banjir. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar