Tilang Elektronik, Polda Jateng Pasang 27 Kamera

  Senin, 22 Februari 2021   Dwi Ariadi
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Achmad Luthfi saat konferensi pers di Regional Traffic Management Center (RTMC) Gedung Ditlantas Polda Jateng (dok humas)

SEMARANG, AYOTEGAL.COM -- Ditlantas Polda Jateng memasang 27 kamera pengawas berupa, 21 titik Closed Circuit Television (CCTV) dan 6 speedcam di sejumlah wilayah untuk penindakan pelanggaran pengendara lalu lintas.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syarifudin mengatakan, sistem penegakan lalu lintas tersebut ialah Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Rencananya, ETLW bakal dilaunching pada 17 Maret mendatang.

''Sebetulnya  ETLE ini telah terpasang sejak 3 tahun, namun karena regulasinya kala itu belum ada masih terdapat hambatan dalam menerapkannya,''ujarnya, dalam keterangan yang didapat, Senin (22/2/2021).

Rudy menambahkan, Ditlantas Polda Jateng sudah bekerjasama dengan sejumlah pihak. Seperti Dispenda, dan Dinas perhubungan untuk informasi kendaraan bermotor apabila ditemui melanggar lalu lintas.

''Pelangaran ada berapa ? misal salah satunya di lampu merah dia menerobos lampu merah, terus kita liat lagi pajaknya, kalau pajaknya mati maka dua dia melakukan pelanggaran. Lalu apabila dalam tiga kali surat tilang elektronik yang terkirim di alamat pemilik kendaran tidak diindahkan maka secara otomatis akan terblokir,''katanya.

Sementara itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Achmad Luthfi menambahkan, pemberlakuan ETLE ini bertujuan untuk mengurangi resiko anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat, dan menyadarkan masyarakat untuk patuh berlalu lintas.

''Dengan adanya ETLE Polda Jateng mendukung program bapak Kapolri, selain mendidik masyarakat kita terkait aspek lalulintas. Nanti akan kita tingkatkan menjadi 52 titik,'' katanya.(Vedyana Ardyansah)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar