Overload, Pemkab Tegal akan Perluas TPA Penujah

  Sabtu, 13 Maret 2021   Dwi Ariadi
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Penujah Kabupaten Tegal (dok.Humas Pemkab Tegal)

KEDUNGBANTENG, AYOTEGAL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengungkapkan, daya tampung tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng sudah melebih ambang batas terhitung sejak 2018 lalu. 
  
TPA seluas 4,1 hektare yang beroperasi sejak tahun 1997 ini harus menampung 487 ton sampah setiap hari. 

Hal itu disampaikan Sekda Joko saat meninjau TPA Penujah, Rabu (10/3/2021) lalu. 

''TPA Penujah ini sudah dirancang sejak awal untuk memproses sampah masyarakat Kabupaten Tegal selama 20 tahun dengan pola sanitary landfill. Artinya, di tahun 2017 sudah harus ada pengembangan atau pembukaan lahan baru,''katanya.

''Tapi, ini terus kita paksakan dengan open dumping yang tidak ramah lingkungan dan rawan longsor. Kita gunakan sampai tiga tahun lebih dari usia pakainya,''lanjut Joko.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, pihaknya akan segera membahasnya bersama Bupati Tegal Umi Azizah terkait rencana perluasan lahan TPA karena sudah memakan tanah milik warga hingga satu hektare dan lahan non-produktif seluas 1,07 hektare yang sesungguhnya diperuntukkan sebagai zona buffer TPA.

Di sisi lain, lanjut Joko, volume sampah yang terus meningkat rata-rata 18,85 persen per tahun dalam empat tahun terakhir ini menjadi alarm peringatan bagi Pemkab Tegal untuk membenahi sistem pengelolaan sampah. 

Menurutnya, persoalan sampah harus dilihat secara menyeluruh. Sebab, setiap orang bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan.

Joko menegaskan, pentingnya membangun kesadaran masyarakat mengelola sampahnya secara bertanggung jawab. Jumlah wirausahawan sosial yang bergerak di persampahan harus diperbanyak, termasuk peran bank sampah dan relawan lingkungan untuk mewujudkan Desa Merdeka Sampah yang akan dicanangkan bulan Maret 2021 ini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar