Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Hampir Seribu Warga Diungsikan

  Senin, 29 Maret 2021   Dwi Ariadi
Kilang Pertamina Balongan Indramayu / Istimewa

INDRAMAYU, AYOTEGAL.COM -- Sebanyak 912 jiwa diungsikan setelah Kilang Minyak milik PT. Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami kebakaran pada Senin (29/03) pukul 01.59 WIB. 

Adapun rincian pengungsi tersebut meliputi 220 jiwa di GOR Komplek Perum Pertamina Bumi Patra, 300 jiwa di Pendopo Kantor Bupati Indramayu dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu. 

Sementara itu, berdasarkan data dari BNPB, data korban jiwa yang berhasil dihimpun hingga pukul 08.00 WIB adalah 5 orang luka berat, 15 orang luka ringan, dan 3 orang masih dalam pencarian. 

Berdasarkan laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, peristiwa terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak pada lima desa meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung. 
"Selain membantu warga mengungsi ke tempat lebih aman, BPBD Kabupaten Indramayu juga telah mendirikan tenda Satgas Penanganan Kebakaran dan memberikan bantuan logistik," tulis keterangan dari BNPB Nasional, Senin (29/3/2021). 

Hingga saat ini, TRC BPBD Kabupaten Indramayu masih melakukan pendataan di lokasi terbakarnya kilang minyak tersebut. Sebagaimana diketahui, kilang minyak Pertamina RU (Refinery Unit) VI Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat meledak dan terbakar pada dini hari tadi, Senin (29/3/2021). 

Direktur utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan penyebab kebakaran masih diselidiki. Namun terdapat dugaan kilang minyak tersebut terbakar karena petir.  

"Untuk penyebab kebakaran tersebut belum kita ketahui dengan pasti. Jadi sampai saat ini kami masih melakukan investigasi dibantu oleh pihak-pihak berwenang sehingga fokus kami saat ini adalah menyelesaikan kondisi darurat di lapangan," kata Nicke.(Icheiko Ramadhanty/Jakarta)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar