Rakercab Hipmi Kabupaten Tegal Bahas Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi

  Kamis, 01 April 2021   Dwi Ariadi
Rakecab dan Diklatcab II Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Tegal(dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Rakecab dan Diklatcab II yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Tegal membahas tema yang cukup menarik, yakni membangkitkan ekonomi di masa pandemi, Rabu (31/3/2021). 

Menurut Ketua Hipmi Kabupaten Tegal, Muhammad Alvian Adi, inovasi membangkitkan ekonomi di masa pandemi perlu ada langkah konkret. 

''Kami akan sinergikan bersama pemerintah dan lembaga terkait agar fungsi Hipmi dirasakan oleh masyarakat. Pandemi jangan sampai membuat kita terpuruk,''katanya dalam acara yang digelar di Hotel Grand Dian Slawi itu. 

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah dalam kesempatan itu mengatakan, di tengah situasi pasar yang semakin bebas mengakibatkan siapa saja terutama pengusaha harus bersiap menghadapi persaingan yang ketat dan tidak ringan. 

Untuk itu, Umi Azizah mengajak para pengusaha ikut andil menjadi bagian dari gerakan cinta dan bangga membeli buatan Indonesia. 

"Langkah ini merupakan kontribusi untuk membangkitkan produk lokal khususnya produk Kabupaten Tegal seperti tema yang diusung pada rakercab kali ini yaitu berinovasi bangkitkan ekonomi," katanya. 

Untuk itu, Umi menyampaikan perlunya effort besar dalam mendorong produk UMKM supaya dapat bersaing dengan produk asing. Hal tersebut harus dilakukan dari hulu hingga hilir, dari pemerintah hingga para pelaku usaha. 

"Saya berharap, Hipmi sebagai mitra strategis pemerintah daerah bisa bergerak cepat, memperkaya inovasi dan adaptasinya pada perkembangan teknologi informasi terutama penggunaan analisis big data," ujarnya. 

Adapun  Ketua Hipmi Jawa Tengah Dilly Dahlan mengatakan rakercab ini bertujuan bertukar pikiran, saling berbagi ilmu serta pengalaman antarpengusaha muda. 

Dia uga berharap Hipmi dapat ikut andil dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Sinergi dengan pemerintah, menurut Dilly, dapat membangkitkan ekonomi di Kabupaten Tegal. ''Karena komitmen Hipmi adalah membangun sinergi demi tercapainya Indonesia semakin maju dan Hipmi menjadi mitra strategis dalam mengawal ekonomi,''katanya.

Selain Rakercab juga digelar diskusi dengan tema ''Proyeksi Dan Tantangan Pemulihan Ekonomi Nasional Dan Kabupaten Tegal dengan narasumber dari BI, OJK dan Bappeda yang dimoderatori oleh M Ersal Aburizal. 

Diskusi juga mengulas Business Link and Match, Kolaborasi dan Crowdfunding Jejaring Hipmi dengan narasumber dari Pertamina ( Hisyam hasyemi - SBM Rayon II Pertamina Tegal ) dan Sunarto ( Kepala Cabang BRI Slawi) yang dimoderatori Aditia Tri Mulyawan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar