Waspada, BMKG Ingatkan Sejumlah Fenomena Pengaruhi Cuaca Ekstrem di Tegal Raya

  Senin, 05 April 2021   Lilisnawati
Prakirawan BMKG Tegal, Sri Nurlatifah (dok. Ayotegal/Lilisnawati)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal mengungkapkan, cuaca di wilayah Tegal Raya saat ini tengah dipengaruhi sejumlah fenomena.

Fenomena tersebut di antaranya adanya siklon tropis Seroja, Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Hal itu mengakibatkan sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca ekstrem.

Prakirawan BMKG Tegal, Sri Nurlatifah mengatakan, wilayah Kota Tegal dan sekitarnya sendiri berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Termasuk potensi hujan disertai petir dan angin kencang. Seperti tadi pagi pukul 06.00 WIB, kecepatan angin tercatat 28 knot atau sekira 50 km/jam," ungkapnya, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, kecepatan angin 50 km/jam dikategorikan sebagai angin kencang. Sebab, normalnya hanya 5 km/jam sampai 20 km/jam.

"Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung sampai sepekan ke depan," ucapnya.

Ia membeberkan, sejumlah fenomena tengah mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia, seperti Siklon Tropis Seroja yang lahir pada dini hari tadi.

"Berdasarkan rilis dari BMKG Pusat, siklon ini berada di Laut Sawu sebelah barat daya Pulau Timor, 10.0 LS, 122.7 BT atau sekira 95 km sebelah utara barat laut Rote yang bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 8 knot menjauhi wilayah Indonesia," jelasnya.

Sri juga menjelaskan, berdasarkan rilis tersebut, untuk prediksi 24 jam ke depan, posisi Siklon Tropis Seroja akan berada di Samudera Hindia sebelah barat daya Pulau Rote atau sekira 185 km sebelah selatan barat daya Waingapu NTT.

"Selain adanya Siklon Tropis Seroja, cuaca juga lagi dipengaruhi adanya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia," terangnya.

Kemudian, adanya fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang juga berkontribusi terhadap peningkatan awan hujan di wilayah Indonesia, khususnya Tegal, Jawa tengah.

"Jadi untuk masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Waspadai hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar