Saran Dokter, Sebelum Buka dan Sahur Dianjurkan Konsumsi Makanan Bervitamin dan Zinc

  Kamis, 22 April 2021   Budi Cahyono
Saran Dokter, Sebelum Buka dan Sahur Dianjurkan Konsumsi Makanan Bervitamin dan Zinc. (dok)

SURABAYA, AYOTEGAL.COM -- Dokter Heru Wijono memaparkan materi yang berisi tentang nutrisi, imun dan Covid-19. Ia menganjurkan supaya masyarakat memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa di tengah pagebluk.

Heru menyarankan, masyarakat mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin C, vitamin D, dan Zinc. Pasalnya, masing-masing vitamin memiliki peran penting dalam tubuh yang efektif meningkatkan imun. Bahkan, digadang-gadang mampu menekan perkembangbiakan virus.  

“Masyarakat perlu tetap memperhatikan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan), pemenuhan nutrisi, diet, suplemen, dan istirahat yang cukup," kata Heru melalui keterangan tertulis yang diperoleh AyoSurabaya.com, jaringan Ayotegal, Kamis 22 April 2021.

Heru mengungkapkan, diet, imunitas, nutrisi, dan infeksi terbukti memiliki keterkaitan yang kuat. Malah, saling mempengaruhi satu sama lain. 

Bila diet teratur dan sehat, otomatis imunitas akan meningkat. Ditambah dengan nutrisi tubuh yang terpenuhi membuat infeksi yang terjadi pada tubuh akan semakin rendah. 

"Jika virus Covid-19 sudah masuk ke dalam tubuh kita dan pertahanan lini kedua (adaptive immunity) tidak bisa mengatasi maka disitulah gejala akan keluar," tuturnya.

Meski demikian, Heru menyatakan pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk beribadah saat Ramadan. Terlebih saat ini sudah ada vaksinasi dari pihak pemerintah untuk menanggulangi virus SARS CoV-2 itu

"Mudah-mudahan , kita sehat selalu dan lancar menjalankan ibadah puasanya,” tutupnya. (Praditya)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar