Pemudik Mulai Curi Start, Polisi Siapkan Penyekatan di Terminal Tegal

  Jumat, 23 April 2021   Lilisnawati
ilustrasi mudik Lebaran 2019 lalu(dok.Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Sejak kebijakan larangan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021 diterapkan 6-17 Mei 2021, perantau banyak yang mencuri start untuk mudik lebih dini.

Seperti yang terlihat dua hari terakhir di wilayah Pantura Kota Tegal. Pemudik didominasi kendaraan roda dua.

Pemerintah juga akhirnya memutuskan untuk melakukan pengetatan larangan mudik selama satu bulan dari 22 April sampai 24 Mei 2021. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi masyarakat curi start mudik.

Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Nur'aini mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan sekaligus penyekatan pemudik, terutama di Terminal Kota Tegal yang akan dijadikan pos penyekatan.

"Senin kami rencananya akan mulai lakukan penyekatan," katanya, Jumat 23 April 2021.

Menurutnya, masyarakat yang kedapatan melakukan mudik sebelum 6 sampai 17 Mei 2021 akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk kelengkapan identitas diri dan kendaraan.

"Pemudik akan kita periksa dulu. Kalau hasil swabnya negatif maka bisa melanjutkan perjalanan," ucapnya.

Sementara, bagi masyarakat yang nekat melakukan mudik pada 6 sampai 17 Mei 2021, maka akan secara tegas diminta untuk putar arah.

"Kalau masih ada yang mudik di tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, kita langsung putarbalikkan. Tidak ada alasan!," tegasnya.

Untuk itu, ia mengimbau, agar para perantau agar mematuhi kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

"Untuk masyarakat di perantauan mohon untuk tidak mudik. Lindungi diri, orang tua, dan keluarga di kampung halaman," tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar