Kendaran dari Jakarta-Jabar Distop di Kota Tegal, Penumpang Diswab Antigen

  Senin, 26 April 2021   Lilisnawati
Seorang pemudik tengah diperiksa petugas gabungan di Terminal Kota Tegal, Senin 26 April 2021.(Lilisnawati/Ayotegal)

MARGADANA, AYOTEGAL.COM- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal Kota menggelar penyekatan pemudik di Terminal Kota Tegal, Senin 26 April 2021.

Dengan dibantu dengan personel TNI, Dishub dan Satpol PP, penyekatan menyasar nomor kendaran dari luar Provinsi Jawa Tengah, khususnya nomor kendaraan dari wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Dalam penyekatan itu, ada puluhan kendaran yang harus diberhentikan sementara untuk diperiksa identitas diri, surat-surat kendaran serta arah tujuannya.

Selanjutnya, pengendara harus menjalani swab test terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, maka diperkenankan untuk melanjutkan perjalanannya.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari mengatakan, penyekatan tersebut merupakan upaya pengetatan jelang larangan mudik yang akan berlangsung 6 sampai 17 Mei 2021.

Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, ada sejumlah perantau yang mencuri start untuk bisa pulang ke kampung halamannya.

"Kendaraan yang bernomor polisi luar dari Jawa Tengah kita berhentikan, kita periksa identitas diri, kendaraan dan tujuannya. Kita lakukan swab antigen," bebernya.

Menurutnya, upaya pengetatan yang disertai dengan tes swab antigen itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus korona di Kota Tegal, sehingga mereka dipastikan bebas dari Covid-19.

"Alhamdulillah sejauh ini hasilnya negatif. Mereka yang kita berhentikan juga kebanyakan hanya nopolnya saja yang Jakarta, ada yang dari Tegal, Slawi dan daerah sekitar," ucapnya.

Mereka kemudian diizinkan kembali melanjutkan perjalan setelah hasilnya negatif.

Namun, bagi perantau yang kedapatan melakukan mudik pada 6 sampai 17 Mei 2021, pihaknya akan tegas meminta agar para pemudik memutar arah.

"6 sampai 17 Mei 2021 nanti, kita mulai lakukan putar arah bagi yang masih nekat mudik," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar