Pulang Kampung, Pemudik di Kampung Warteg Kota Tegal Wajib Lapor RT/RW dan Swab Antigen

  Rabu, 28 April 2021   Lilisnawati
Sejumlah warga yang tengah melSejumlah warga yang tengah melakukan swab antigen, Rabu 28 April 2021 (istimewa)akukan swab antigen, Rabu 28 April 2021 (istimewa)

MARGADANA, AYOTEGAL.COM- Sejumlah warga Kota Tegal yang merantau di Ibu Kota Jakarta sudah mulai pulang ke kampung halaman.

Satu di antaranya di Kecamatan Margadana, Kota Tegal yang sebagian besar masyarakatnya menjadi pengusaha warteg di Jakarta.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Rabu 28 April 2021 belasan warga melakukan swab antigen usai pulang dari perantauan.

Kepala Puskesmas Sumurpanggang, Kota Tegal, dr Wahidin mengatakan, swab antigen wajib dilakukan bagi warga Kota Tegal yang baru pulang ke kampung halaman.

"Jadi mereka wajib lapor ke RT/RW dulu, dari RT/RW melapor ke posko PPKM Mikro kemudian berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk dites antigen. Ini wajib bagi pemudik," katanya.

Tujuannya, untuk mengantisipasi dan mencegahan penularan Covid-19. Untuk itu, bagi warga Kota Tegal yang merantau harus pro aktif melaporkan kepada kepada RT/RW setempat.

Jika hasil swab antigen positif Covid-19, mereka akan diminta menjalani isolasi di Rusunawa Tegalsari ataupun di rumah masing-masing dengan diawasi petugas PPKM Mikro dan Satgas Jogo Tonggo.

"Ketika positif antigen tidak harus swab PCR, namun ketika yang bersangkutan minta PCR ya kita layani. Alhamdulillah sejauh ini hasilnya negatif," tuturnya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan tidak hanya tingkat kecamatan, namun menyeluruh di Kota Tegal. Hal itu juga sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan sampai Lebaran. Untuk itu kami minta juga komitmen dari RT maupun RW untuk melaporkan warga yang mudik," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar