Sasar ASN, Baznas Kabupaten Tegal Bentuk Gerakan Cinta Zakat

  Kamis, 29 April 2021   Dwi Ariadi
Penyerahan zakat dari Bupati Tegal Umi Azizah kepada Baznas Kabupaten Tegal.(dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Guna mengoptimalkan penghimpunan zakat dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tegal, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal membentuk Gerakan Cinta Zakat.

Hal itu disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Tegal, Akhmad Rofiqi usai mengenalkan Gerakan Cinta Zakat di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis 29 April 2021. 

Gerakan tersebut diwujudkan dalam bentuk penyerahan zakat dari Bupati Tegal Umi Azizah kepada Baznas Kabupaten Tegal. 

Selain itu, Baznas juga memberikan bantuan sembako kepada panti asuhan (yatim piatu) dan kepada pegawai harian lepas (PHL). 

Menurut Akhmad Rofiqi, apa yang dilakukan oleh Bupati Umi bisa diikuti atau diteladani juga oleh bawahannya mulai kepala dinas dan lain-lain.

"Untuk pengumpulan zakat dari ASN itu belum optimal. Kebetulan kami masih baru 2 tahun berdiri, sehingga unit pengumpul zakat (UPZ) belum seluruhnya terbentuk di dinas-dinas,"jelasnya.  

Padahal, lanjut dia, potensi zakat tersebut di Kabupaten Tegal dalam satu tahun bisa mengumpulkan Rp 15 miliar. ''Untuk tahun 2021 ini tidak muluk-muluk, pihak Baznas menargetkan sekitar Rp 3,5 miliar.''

Adapun kegiatan pembagian zakat secara simbolik diberikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah dari Ramadan Bahagia sebanyak 450 paket sembako dan Ramadan Ceria untuk 24 panti asuhan yatim piatu, dan bantuan tunai mustahik untuk 1.083 tenaga harian lepas (THL).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar