Jawa Tengah Paling Banyak Dituju Pendatang saat Mudik

  Kamis, 29 April 2021   Dwi Ariadi
Pemudik. (Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOTEGAL.COM -- Data Korlantas Polri mencatat provinsi Jawa Tengah menjadi wilayah yang paling banyak didatangi pemudik dari Jabodetabek. Oleh karena itu, polisi akan memberikan pengawasan yang lebih ketat di wilayah tersebut. 

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Anariksawan menuturkan Jawa Tengah menjadi wilayah dengan konsentrasi pemudik yang paling tinggi dibanding wilayah lain. 

"Korlantas akan sangat intens untuk penjagaan di Jawa Tengah karena secara persentase, Jawa Tengah adalah tujuan paling banyak didatangi pemudik. 38% orang mudik dari Jabodetabek itu ke Jawa Tengah. Sisanya Jawa Barat 22%, Jawa Timur 17%,''katanya seperti dilansir Ayobandung.com

Selain paling banyak didatangi pemudik, Jawa Tengah pun menjadi provinsi dengan jumlah perantau yang cukup tinggi sehingga banyak juga pemudik yang keluar dari Jawa Tengah.

Justru, terhitung hingga tanggal 27 April, yang lebih banyak adalah pelancong yang keluar dari Jateng, bukan yang datang dari luar. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan yang sama. 

"Yang pergi menggunakan moda jalan dari Jawa Tengah (hingga 27 April) lebih banyak, kereta juga banyak yang keluar," ujar Ganjar. 

Berhubung intensitas pemudik di Jawa Tengah yang berangkat dari luar dan dalam provinsi, Pemprov Jateng pun mengerahkan pengamanan yang lebih ketat supaya larangan mudik yang sudah diinstruksikan pemerintah tidak membuahkan kesia-siaan. 

"Sudah jauh-jauh hari sebelum keputusan (larangan mudik) ini diberikan pemerintah pusat, kita sudah lakukan persiapan-persiapan, pencegahan-pencegahan, termasuk di seluruh rest area diawasi polisi. Pemprov juga mendukung dengan memberikan tes antigen dan menyediakan tempat isolasi," ungkap Ganjar. 

Sementara itu, jika ada pemudik yang sudah terlanjur sampai di Jawa Tengah, program Jogo Tonggo yang diusung Ganjar pun sudah disiapkan untuk menjadi solusi.

Jika ada warga dari luar daerah datang, warga setempat diperkenankan untuk melapor supaya nantinya petugas bisa turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar