Pemeriksaan Travel Gelap di Terminal Kota Tegal, Ngeyel Dijerat Tilang

  Jumat, 30 April 2021   Lilisnawati
Sejumlah petugas memeriksa identitas pengendara yang diindikasi pemudik curi start, Senin 26 April 2021. (Lilisnawati/Ayotegal)

MARGADANA, AYOTEGAL.COM- Keberadaan travel gelap di masa larangan mudik Idulfitri 2021 menjadi perhatian khusus petugas kepolisian di Kota Tegal.

Pasalnya, travel gelap banyak digunakan perantau yang ngeyel pulang ke kampung halaman meski ada larangan mudik.

Di Kota Tegal sendiri, jajaran Satlantas Polres Tegal Kota sudah mengantisipasi adanya travel gelap melalui pengetatan pemudik di Terminal Tegal.

"Jadi untuk antisipasi travel gelap, kita sudah mengadakan pengetatan mudik mulai 22 April sampai 5 Mei 2021 di Pos Terminal Tegal. Kita bisa tahu kendaraan yang diindikasikan sebagai travel gelap," kata KBO Satlantas Polres Tegal Kota, Iptu Purnomo, Jumat 30 April 2021.

Menurutnya, hal itu bisa diketahui melalui pemeriksaan identitas pengendara maupun penumpangnya. Sebab, travel resmi pasti mempunyai dokumen izin usaha, trayeknya jelas dan berplat kuning.

"Kalau ditemukan identitasnya itu berbeda-beda, maka patut diduga. Ketika mereka beralasan ini penumpangnya pekerja, kita juga akan minta surat perjalanan dinas tersebut," tuturnya.

Ia menegaskan, travel gelap yang masih nekat beroperasi bisa dikenakan sanksi tilang dan penahanan kendaraan. Sanksi juga akan diberikan kepada para penunpangnya.

"Sanksinya bisa kena tilang karena melanggar pasal 308 UU Lalu Lintas. Dan sesuai dengan arahan pimpinan, kendaraan juga harus disita sampai selesai sidang. Jadi baru bisa diambil setelah sidang," ungkapnya.

Sementara bagi penumpang, akan diturunkan dan diarahkan untuk bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan yang sesuai dan berizin.

"Penumpang kita turunkan nanti, kita arahkan untuk bisa pakai kendaraan yang sesuai dan berizin. Untuk di masa larangan mudik kita masih menunggu arahan dari pimpinan bagaimana sanksi untuk penumpang," ucapnya.

Purnomo mengatakan, sejauh ini belum ditemukan travel gelap yang terciduk oleh petugas.

"Hasil pengetatan hingga saat ini, khusus travel gelap atau kendaran yang digunakan untuk angkutan mudik belum ada. Tapi kalau pemudik secara pribadi, itu ada dan kita lakukan swab kepada mereka. Alhamdulillah, hasilnya negatif semua," jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar