Telkom Gratiskan Tagihan IndiHome dan Telkomsel di Papua, Ini Alasannya

  Kamis, 03 Juni 2021   Ade Lukmono
Ilustrasi Logo Telkom (Suara.com/Aditya Gema Pratomo)

JAKARTA, AYOTEGAL.COM -- Telkom akan menggratiskan tagihan bulan Mei untuk pelanggan IndiHome dan Telkomsel di Papua.

Hal itu dikarenakan akibat kabel bawah laut yang putus sejak 30 April 2021 sehingga jaringan internet terganggu.

Dilansir dari suara.com (jaringan AyoSemarang.com), pihak Telkom juga menyediakan backup bandwidth radio sebesar 4,7Gbps melalui sarana frekuensi bagi pelanggan prioritas IndiHome Telkom dan Telkomsel, serta layanan publik di antaranya rumah sakit, Diskominfo, TNI dan kepolisian, Pemprov Papua dan Pemkot Jayaputa, BMKG, hingga sekolah dan kampus.

Telkom juga menjamin tagihan layanan IndiHome secara pro-rate sesuai pemakaian pelanggan dan tidak melakukan tagihan ke pelanggan selama layanan masih terganggu.

Sebelumnya, pada 21 Mei, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklaim bahwa layanan internet di Papua sudah pulih sepenuhnya.

Tetapi temuan tiga lembaga, yakni Aliansi Jurnalis Independen, Safenet, dan LBH Pers menunjukkan bahwa layanan internet di Papua sama sekali belum pulih setidaknya sampai 24 Mei lalu.

Mereka meminta Kominfo dan Telkom untuk transparan terkait terganggunya layanan telekomunikasi di Papua. Selain itu, pemerintah juga diminta untuk segera memulihkan layanan internet di Papua agar hak masyarakat atas informasi terpenuhi dan kerja jurnalistik di Papua tidak terkekang.

Kominfo sebelumnya berjanji bahwa internet di Papua akan kembali pulih pada awal Juni. Untuk pemulihan layanan di Jayapura, Telkom telah mengirimkan kapal Cableship DNEX Pacific Land (DPL) yang akan melakukan penyambungan kabel laut SMPCS ruas Biak-Jayapura.

Proses perbaikan kabel dikawal langsung oleh Telkom Infra, salah satu entitas anak usaha Telkom, ditargetkan penyambungan kembali kabel laut dan diharapkan selesai awal Juni 2021,” kata VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia Pujo Pramono.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar