Sandiaga Uno Ingin YouTuber Promosikan Desa Wisata 2021

  Minggu, 06 Juni 2021   Dwi Ariadi
Sandiaga Uno sedang mengunjungi Desa Candirejo yang sedang menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata 2021. (Dok)

MAGELANG, AYOTEGAL.COM -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia dalam bentuk “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”.

Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai negara dengan pariwisata berkelas dunia dan mampu mendorong pembangunan daerah.

Rangkaian Anugerah Desa Wisata 2021 ini sudah dimulai pada 22 Mei 2021 sampai 25 Juni 2021. Setelah sukses dilaksanakan di Malang, Bali, Bogor, dan Kuningan, kali ini  di Desa Candirejo Magelang.

Acara ini menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan jika dia ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari banyak sisi.

“Dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan, dengan kehadiran acara desa wisata ini kami banyak mencatat beberapa kategori yang dapat kita tingkatkan agar persiapan kebangkitan ekonomi nasional dapat kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini,” jelas Sandi pada Minggu 6 Juni 2021.

Dengan adanya Desa Wisata ini, Kementerian ingin mendapatkan kebijakan yang berkeadilan kenapa karena selama ini belum ada keterlibatan sampai masyarakat bawah, kebijakan yang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat bawah.

Selain itu Sandi ingin melibatkan content creator atau YouTuber agar lebih maju lagi. Dengan saling sinergi, diharapkan para content creator ini bisa mengajak masyarakat luas untuk mengapresiasi Desa Wisata sebagai simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional.

“Jadi daftarkan Desa Wisata kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ujar Sandiaga Salahudin Uno.

Kemudian untuk Desa Candirejo, Kabupaten Magelang dipilih karena termasuk salah satu dari 16 desa yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Desa Candirejo sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi,” pungkas Uno

Desa wisata Candirejo sesuai dengan namanya, yang berarti tanah penuh dengan batu namun tetap subur, sehingga menghasil kerajinan tangan dari batu alam (ulekan, cobek, stupa hiasan).

Candirejo dikenal juga sebagai simbol budaya jawa, mengunggulkan atraksi budaya seni tari jatilan, seni musik gamelan, hingga olahan kuliner berbahan dasar tempe yang sedang diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar