Pemkot Semarang Imbau Warga Gunakan Transportasi Umum, Pengamat: Kurang Tepat di Tengah Pandemi

  Senin, 07 Juni 2021   Ade Lukmono
Wali Kota Hendi saat naik transportasi online (dok)

SEMARANG, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang belum lama ini mengeluarkan imbauan bagi warga untuk menggunakan transportasi umum setiap Selasa mulai 8 Juni hingga 6 Juli 2021.

Bahkan, Pemkot Semarang mewajibbkan pegawainya, baik ASN maupun non ASN untuk menggunakan transportasi umum setiap Selasa.

Pengamat kebijakan publik Alvin Lie mengatakan kebijakan tersebut kurang tepat jika diterapkan di masa pandemi.

Kebijakan yang baik untuk masa normal. Tapi kurang tepat untuk masa pamdemi, terutama saat jumlah kasus COVID-19 di Semarang sedang naik pesat sehingga ruang publik seperti GOR Tri Lomba Juang ditutup sementara, ujar Alvin Lie dalam sebagaimana dikutip dari Suara.com, Senin 7 Juni 2021. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi seharusnya mengaluarkan kebijakan dan imbauan yang bisa menghambat terjadinya penularan Covid-19. 

Daerah lain justru mengedepankan penghambatan sebaran Covid-19 dengan menyarankan penggunaan transportasi pribadi. DKI Jakarta hingga saat ini masih bekukan Ganjil-Genap utk mengurangi kepadatan transportasi publik, katanya. 

Alvin Lie  berharap, Wali Kota Semarang bisa meninjau kembali kebijakan penggunaan transportasi umum disaat Pandemi Covid-19. 

Semoga Wali Kota Semarang tinjau kembali kebijakan ini. Tunda pemberlakuannya hingga pandemi teratasi atau minimal hingga PPKM berakhir, ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang mengumumkan, bahwa hari Selasa diumumkan sebagai Public Transport Day atau Hari Angkutan Umum di Kota Semarang.

Pengumuman tersebut disampaikan Hendi, sapaan akrab Wali Kota, di media sosial instagramnya @HendrarPrihadi.

Dengan diumumkannya Hari Angkutan Umum di Semarang, Hendi mengimbau masyarakat Semarang untuk menggunakan moda transportasi umum dan daring jika ingin bepergian.

Meski bersifat imbauan, namun Ia menegaskan, kebijakan yang akan berlaku mulai tangal 8 Juni 2021 hingga 6 Juli 2021 tersebut bersifat wajib bagi seluruh pegawai Pemerintah Kota Semarang.

Menyambut hari lingkungan hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021,maka mulai 8 Juni sampai 6 Juli nanti, Pemerintah Kota Semarang mengajak masyarakat untuk beraktifitas dengan transportasi umum dan daring setiap hari Selasa, selama rentang waktu tersebut, ujar Hendi dalam keterangan yang didapat, Minggu 30 Mei 2021.

Hendi pun berharap, kebijakan ini dapat didukung oleh para pelaku jasa transportasi umum dan daring yang ada di Kota Semarang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar