RSUD Kardinah Kota Tegal Jadi Rumah Sakit Khusus Covid-19

  Kamis, 15 Juli 2021   Lilisnawati
RSUD Kardinah, Kota Tegal (dok.Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah, Kota Tegal kini dijadikan rumah sakit khusus merawat pasien Covid-19.

Ada 3 gedung yang sudah difungsikan menjadi ruang isolasi pasien Covid-19, seperti gedung Lavender, Cendana dan Edelweis, termasuk ICU dan HCU dengan total tempat tidur sebanyak 258 bed.

Plt Direktur RSUD Kardinah, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, ada 3 gedung yang sudah difungsikan menjadi ruang perawatan bagi pasien Covid-19.

"Sekarang itu sudah satu gedung sendiri. Pertama di gedung Lavender, itu dua lantai dengan kapasitas 76 bed. Terus kita juga gunakan gedung Edelweis yang kapasitanya 52 bed. Lalu ada gedung Cendana, ada tiga lantai dengan kapasitas 87 bed," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan ruangan khusus untuk ibu hamil yang terkonfirmasi positif, ruangan bayi dan ruang operasi khusus pasien Covid-19.

Menurut Prima, kapasitas ruang isolasi di RSUD Kardinah masih perlu ditambah. Pasalnya, masih terjadi antrean di IGD hingga 20 pasien.

"Jadi ruang isolasi itu nggak pernah kosong. Begitu pasien pertama sembuh, langsung diisi sama yang sudah antre. Karena yang antre itu lebih, bahkan melibihi batas kapasitas IGD. Bisa sampai 20 pasien," ungkapnya.

RSUD Kardinah sendiri menjadi rumah sakit rujukan lini pertama di Kota Tegal yang juga menampung pasien-pasien rujukan dari wilayah sekitar, seperti Kabupaten Tegal, Pemalang dan Brebes.

Meski demikian, pasien non-Covid-19 yang sudah telanjur dirawat di RSUD Kardinah sementara ditempatkan di gedung khusus, yakni di gedung Dewandaru dan gedung Wijaya Kusuma.

"Akses ke gedung ini juga jalurnya sudah dibedakan. Jadi tidak ketemu dengan pasien Covid-19," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar