Tanaman Janda Bolong Tak Moncer Lagi, Cek di Kota Tegal Segini Harganya Sekarang

  Sabtu, 17 Juli 2021   Lilisnawati
Seorang penjual tanaman hias di Jalan Tentara Pelajar, Kota Tegal, Widodo (41) tengah merawat koleksi tanamannya.(Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Tanaman hias janda bolong atau Monstera Adansonii Variegata yang sempat viral di tahun 2020, kini mulai meredup.

Di Kota Tegal sendiri, stok tanaman janda bolong sudah banyak ditemui di penjual-penjual tanaman hias. Satu di antaranya di kios tanaman hias milik Widodo (41) yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar, Kota Tegal.

Bukan hanya itu, harga tanaman yang masuk dalam suku talas-talasan atau Famili Araceae ini juga sudah kembali normal. Pasalnya, di tahun 2020, harga janda bolong ada yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah.

"Sekarang memang sudah nggak seramai dulu. Harganya juga sudah normal. Dulu daun 2, daun 3 harganya Rp50.000 ke atas. Itu pun stoknya nggak ada. Sekarang paling Rp25.000, stok banyak," katanya kepada Ayotegal.com.

Bahkan, koleksi janda bolong di kiosnya kini sampai meninggi dan berdaun banyak.

"Dulu boro-boro sampai tinggi gini dan daunnya banyak. Baru daun 1, daun 2 jadi rebutan dan selalu habis," ucapnya.

Meski demikian, tren menanam di tengah pandemi masih cukup banyak, namun animonya tak setinggi pada dua bulan yang lalu.

"Tren menanam masih ada, tapi animonya tidak setinggi dua bulan yang lalu. Pas lagi rame-ramenya omzet setiap hari minggu saja bisa sampai Rp13 juta sampai Rp14 juta. Sekarang paling Rp6 juta sampai Rp7 juta," bebernya.

Menurutnya, yang saat ini banyak dicari masyarakat yakni tanaman hias aglonema suksom jaipong, red sumatra, anthurium dan pink katrina aglaonema.

"Itu yang lagi banyak dicari, harganya juga masih tinggi dan stoknya lagi susah. Suksom jaipong yang masih sekitar Rp300.000, red sumatra juga sama masih mahal, harga di atas Rp200.000," terangnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar