Apes! Tidak Jadi Ikut Demo, Puluhan Pelajar di Kota Tegal Malah Diciduk Polisi

  Senin, 19 Juli 2021   Lilisnawati
Sejumlah pelajar diamankan dSejumlah pelajar diamankan dan tengah menjalani pemeriksaan di Mapolres Tegal Kota, Senin 19 Juli 2021. (Lilisnawati/Ayotegal.com)i

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Polres Tegal Kota mengamankan puluhan remaja yang diduga akan melakukan aksi demo di Kota Tegal, Senin 19 Juli 2021.

Mereka termakan hoaks seruan aksi menolak penerapan PPKM Darurat yang tersebar luas di grup-grup Whatsapp maupun Facebook.

Ada sebanyak 69 pelajar, terdiri dari pejalar SMP dan pelajar SMA baik dari Kota Tegal maupun dari Kabupaten Tegal. Dari jumlah tersebut, 17 orang di antaranya harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara sisanya, hanya menjalani sejumlah hukuman fisik, seperti push up. Selain itu, mereka juga harus menjalani swab antigen. Hasilnya, dua pelajar positif Covid-19.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, puluhan remaja yang diamankan karena terindikasi akan membuat keonaran. Mereka diciduk di beberapa jalan di Kota Tegal.

"Mereka ini termakan hoaks yang menyebut akan ada aksi menolak PPKM Darurat di Alun-alun dan di DPRD Kota Tegal. Mereka tergugah untuk turun ke jalan," katanya.

Menurutnya, ada sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan, di antaranya ban bekas dan bensin yang diduga akan digunakan saat aksi berlangsung.

"Kita juga amankan kendaraan-kendaraan dan gadget yang mereka gunakan," tuturnya.

Sementara seorang pelajar, Gerel Rizkiyanda (15) mengaku, melihat informasi tersebut dari salah satu status Whatsapp temennya.

"Dati story-nya temen. Ada informasi kalau mau ada demo hari ini. Tempatnya di Alun-alun, Balai Kota Lama. Tapi ternyata baru sampai di depan Polres langsung diamankan," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar