Alumnus UIN Walisongo Semarang Dr Saepudin Jabat Rektor IBN Tegal

- Kamis, 19 Januari 2023 | 18:19 WIB
Pellantikan Dr Saepudin menjadi Rektor IBN Tegal (dok)
Pellantikan Dr Saepudin menjadi Rektor IBN Tegal (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Ketua Yayasan Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Ki Gede Sebayu Kabupaten Tegal, Bahrudin melantik Dr Saepudin menjadi Rektor Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal masa bakti 2023-2027 di Aula kampus IBN, Kamis 19 Januari 2021.

Dr Saepudin sebelumnya menjabat Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IBN Tegal menggantikan Badrodin yang telah habis masa jabatannya.

Hadir dalam pelantikan Bupati Tegal Umi Azizah, Rektor Universitas Bhamada Slawi Dr Maufur, Ketua PCNU Kabupaten Tegal Muntoyo, Kepala Kemenag Kabupaten Tegal H Akhmad Farhan, Pembina Yayasan Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Ki Gede Sebayu Kabupaten Tegal KH Chambali Usman.

Baca Juga: Genre Baru, Komunitas Sastrawan Tegalan Lahirkan Puisi Rosalan

Usai prosesi pelantikan, Dr Saepudin mengatakan, program ke depan prinsipnya progress dan adaptif di tiga darma.

''Artinya, IBN tidak hanya mengembangkan di lokal, tapi nasional bahkan internasional. Daya jelajah IBN harus auto the book, tapi tidak meninggalkan lokal. IBN memiliki SDM luar biasa, dan hanya tinggal mengembangkan dan memaksimalkan,''katanya.

Dr Saepudin yang juga Almunnus Fakultas Ushuluddin angkatan 93 UIN Walisongo Semarang ini mengungkapkan, mahasiswa IBN Tegal tak hanya dari lokal Kabupaten Tegal, tapi luar daerah bahkan luar Jawa.

''Dalam waktu dekat, IBN juga akan kedatangan calon mahasiswa dari Yaman. Sejauh ini, program studi yang banyak diminati yakni Pendidikan Agama Islam (PAI). Kedepan, IBN akan mengembangkan program studi Ekonomi Syariah dan Tafsir,''tandasnya.

Dijelaskan oleh Dr Saepudin, basis keilmuan di IBN fleksibel. ''Kalau di dunia kerja, saat ini sudah banyak berdiri perbankkan syariah. Kami juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga keuangan syariah dan konvensiaonal. Bahkan, kami juga jalin kerjasama dengan Pegadian Syariah dan Lelang Syariah,”ujarnya

Baca Juga: Kapolres Tegal Ingatkan Penggunaan Platform Media Digital Jelang Tahun Politik 2024

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X