Lengkapi ETLE, Satlantas Polres Pemalang Terapkan Tilang Manual untuk Tindak Pelanggar Lalu Lintas

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 19:15 WIB
tilang manual Satlantas Polres Pemalang (dok Humas Polres Pemalang)
tilang manual Satlantas Polres Pemalang (dok Humas Polres Pemalang)

PEMALANG, AYOTEGAL.COM - Terhitung mulai Januari 2023 ini, Satlantas Polres Pemalang memberlakukan tilang manual untuk melengkapi tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

''Sejak 1 Januari 2023, Satlantas Polres Pemalang telah menindak 48 pelanggaran lalu lintas dengan tilang manual,” kata Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo melalui Kasat Lantas AKP M. Reidwan Preevost

Tilang manual diberlakukan, menurut AKP M Reidwan, karena penindakan ETLE belum mencakup sejumlah pelanggaran yang ada pada pasal.

Baca Juga: Alhamdulillah, Perolehan Dana PMI Kabupaten Tegal Tahun 2022 Lampaui Target

“Di antaranya, seperti melepas tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), over dimesion over load (Odol), pengendara di bawah umur dan penggunaan knalpot brong,” kata Kasat Lantas Polres Pemalang.

Selain itu, lanjut AKP Reidwan, tilang manual juga difokuskan pada pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal, seperti balap liar, melawan arus dan tidak memakai helm.

Selama diberlakukannya tilang manual, Kasat Lantas mengatakan, petugas menemukan sejumlah pelanggaran di jalur jalan yang belum terjangkau ETLE.

“Seperti pelanggaran over load over dimesion, beberapa penindakan tilang manual dilakukan petugas di jalur selatan Kabupaten Pemalang,” kata Kasat Lantas.

Baca Juga: HUT ke 77, Kemenag Kabupaten Tegal Terbitkan Buku Antologi Puisi Toleransi Berbahasa Lokal Tegal

Disebutkan, ETLE tetap diberlakukan dikombinasikan dengan tilang manual, untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X