Yuk Plesir di Creative Farm Batang, Petik Buah Sepuasnya Cocok Buat Belajar Berkebun

- Sabtu, 6 November 2021 | 17:50 WIB
Sejumlah pengunjung memetik buah jambu di Creative Farm Batang,  Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.  (Muihun/Kontributor Batang )
Sejumlah pengunjung memetik buah jambu di Creative Farm Batang, Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (Muihun/Kontributor Batang )

BATANG, AYOTEGAL.COM - Berlibur ke Creative Farm Batang, sebuah wisata edukasi menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini, ada aneka tanaman hortikultura lokal yang bisa langsung dipetik buahnya

Creative Farm Batang berlokasi di Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Pengunjung bisa mendapat edukasi berupa cara pembenihan, pembibitan, panen, hingga pengolahan.

Creative Farm Batang, selain sebagai pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) yang dibina oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dinpaperta) Kabupaten Batang, juga menjadi sarana pengembangan untuk para petani sekaligus sarana wisata berkebun.

Baca Juga: Karyawan PG Pangka Gelar Istighosah, 2 Tahun Pabrik Tak Beroperasi

"Jadi Creative Farm ini sebagai wadah atau sarana pengembangan tanaman hortikultura untuk petani, tidak hanya bagi petani kami juga terbuka untuk masyarakat yang ingin belajar berkebun sehingga kami buka sebagai wisata edukasi," tutur Pengelola Pusdiklat Creative Farm Batang, Harto, saat ditemui, Sabtu 6 November 2021.

Dilasir dari AyoSemarang, kebun Pusdiklat Creative Farm Batang itu sudah melakukan beberapa pengembangan tanaman hortikultura, seperti alpukat jambu kristal, kelengkeng, durian, dan jeruk.

"Untuk menghasilkan tanaman buah yang bagus dibutuhkan ilmu tani titen dan telaten, misalnya penyebabnya apa, penyakitnya, proses menyiangi, waktu panen, serta telaten dalam prosesnya," jelasnya.

Dengan beberapa penelitian yang dikembangkan, buah lokal yang dihasilkan di kebun Creative Farm Batang termasuk buah dengan kualitas bagus atau grade A.

Selain itu, keberhasilan produktifitas tanaman juga harus mengutamakan kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Baca Juga: Waspada! Jateng dan 11 Daerah Ini Berpotensi Banjir Bandang

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Sumber: Ayosemarang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X