Keren! Embung Majasari Purbasana Tegal Disulap Jadi Destinasi Wisata Menarik

- Selasa, 29 Juni 2021 | 20:07 WIB
Peluncuran embung Majasari Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal menjadi destinasi wisata menarik. (dok.Karang Taruna Kabupaten Tegal)
Peluncuran embung Majasari Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal menjadi destinasi wisata menarik. (dok.Karang Taruna Kabupaten Tegal)

TARUB, AYOTEGAL.COM - Sebuah embung yang tak terawat di Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal disulap menjadi destinasi wisata yang menarik. 

Kelompok pemuda Karang Taruna Desa Purbasana merubah Embung Majasari menjadi destinasi andalan desa setempat dalam program melestarikan budaya dan alam.

Menurut Kepala Desa (Kades) Purbasana, Samsudin, peluncuran wisata Embung Majasari di pembukaan acara pelestarian Seni Terbang Jawa dan Penebaran Bibit Ikan Senin, (28 Juni 2021).

"Kami mewakili Pemerintah Desa Purbasana senantiasa mendukung semua kiprah dan kegiatan pemuda dalam wadah Karang Taruna. Termasuk memfasilitasi anggaran untuk pemuda dalam kreativitas menyulap embung tersebut,''katanya.

Samsudin menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dan telah diizinkan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) PSDA Propinsi Jawa Tengah untuk mengelola area seluas satu hektare lahan embung.

''Dengan luas 800 dimanfaatkan untuk budi daya ikan air tawar dan sisanya untuk menumbuhkan ekonomi produktif dan agro wisata,"jelasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Punama Muda, Heri Siswanto menambahkan, pembuatan wisata embung tersebut merupakan program ekonomi kreatif dan yang menjadi unggulan dari Katar Purnama Muda.

''Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Purbasana, Karang Taruna Kabupaten Tegal dan Dinas KKP yang sudah mendukung kegiatan ini,"tandasnya. 

Heri menyebutkan, saat kegiatan diwarnai dengan penebaran bibit ikan nila bantuan dari Dinas KKP, 15.000 ekor bersama 11 desa lain penerima bantuan di Balai Benih Ikan Kabupaten Tegal.

Halaman:

Editor: Dwi Ariadi

Tags

Terkini

X