Gebyar PAUD, Umi: Pola Asuh Pendidikan Anak Itu Bermain

- Sabtu, 23 November 2019 | 19:13 WIB
Gebyar  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Non-Formal digelar di lapangan Pemkab Tegal, Sabtu (23/11/2019). (Ayotegal.com/Dwi Ariadi)
Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Non-Formal digelar di lapangan Pemkab Tegal, Sabtu (23/11/2019). (Ayotegal.com/Dwi Ariadi)

SLAWI, AYOTEGAL.COM  --  Gebyar  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Non-Formal digelar di lapangan Pemkab Tegal, Sabtu (23/11/2019).

Bupati Tegal Umi Azizah ketika membuka acara tersebut mengatakan, pendidikan PAUD memegang peranan dalam membentuk mental dan kepribadian bangsa.

''Usia anak saat memasuki PAUD hingga enam tahun adalah masa-masa pertumbuhan emas (golden age), yaitu saat sel-sel otak sedang tumbuh begitu pesatnya dan akan mempengaruhi pembentukan kemampuan otak sepanjang hidupnya,"kata Umi.

Fase tersebut, lanjut Umi, sang anak mulai belajar dan apa-apa yang dipelajarinya cenderung tertanam permanen khususnya yang menyangkut nilai-nilai keagamaan dan moral, fisik-motorik, kemampuan kognitif, bahasa, kecerdasan sosial-emosional dan kemampuan seni.

'' Sebab itu, Pemerintah kemudian menempatkan pendidikan anak usia dini masuk ke dalam sistem pendidikan nasional," kata Umi.

Umi menyadari bahwa hakikat pendidikan anak di usia dini adalah bermain dan bergembira. Bermain merupakan aspek penting dalam proses tumbuh kembang anak dan masa depan bagi mereka.

"Dengan demikian pola pendidikan anak usia dini lebih ditekankan pada upaya menciptakan suasana agar anak-anak lebih betah bermain sambil belajar, yang pada gilirannya nanti akan membantu proses terbentuknya karakter dan kepribadian si anak. Sehingga kelak menjadi anak yang cerdas secara intelektual, matang secara emosional dan memiliki kedalaman spiritual yang baik," pungkasnya.

Melalui Gebyar PAUD ini, Umi berharap kreativitas anak menjadi semakin meningkat dan motivasi belajarnya pun tumbuh menguat. Dengan mengamati, mengkomparasi penampilan anak-anak PAUD antar unit pendidikan.

Acara Gebyar PAUD itu diikuti oleh perwakilan PAUD Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal. Pada acara ini juga diadakan berbagai lomba antar PAUD seperti lego, meronce balok, bercerita gambar, menyanyi anak PAUD Tegal, estafet air dan lomba defile.(Dwi Ariadi)

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X