25 Mahasiswa UT Purwokerto asal Brebes Raih Beasiswa hingga Lulus

- Rabu, 17 November 2021 | 20:34 WIB
Direktur Universitas Terbuka (UT) Purwokerto Adi Suryanto saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di SMA Negeri 1 Kersana, Brebes (dok.Diskominfotik Brebes)
Direktur Universitas Terbuka (UT) Purwokerto Adi Suryanto saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di SMA Negeri 1 Kersana, Brebes (dok.Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Sebanyak 25 Mahasiswa asal Brebes yang kuliah di Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Purwokerto mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Mereka mendapatkan beasiswa selama 4 tahun dan biaya operasional dengan syarat dan ketentuan berlaku.

''Kalau mereka bisa mempertahankan prestasi dan ketentuan yang dipersyaratkan maka mahasiswa tersebut dibiayai negara sampai lulus,''kata Direktur Universitas Terbuka (UT) Purwokerto Adi Suryanto saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di SMA Negeri 1 Kersana, Brebes, Rabu (17 November 2021).

Baca Juga: Polsek Bojong Tegal dan Relawan Bangun Rumah Mbah Syariah yang Nyaris Roboh

Namun demikian, lanjut Adi Suryanto, bila tidak memenuhi syarat tertentu bisa jadi hanya satu atau dua semester saja.

Menurut Adi, pelatihan ini untuk mewujudkan kemandirian dan daya juang Mahasiswa UT UPBJJ Purwokerto dalam menempuh studinya dan untuk mempercepat mahasiswa baru beradaptasi dengan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ).

Adi menghendaki setiap mahasiswa mampu mempelajari materi perkuliahan secara mandiri tanpa tergantung kepada dosen.

Sebenarnya, kata Adi, pelatihan serupa sudah dilakukan secara daring kepada para mahasiswa, tetapi dipandang tidak cukup karena bentuknya ketrampilan, maka harus dilaksanakan secara luring.

Dengan ketrampilan belajar jarak jauh, diharapakan mahasiswa bisa lulus dengan hasil yang memuaskan, karena mahasiswa KIPK ini secara khusus di evaluasi terus, setiap semester.

Adi memotivasi kepada para mahasiswa, kalau mahasiswa penerima KIPK bukan mahasiswa sembarangan, sudah terpilih. Namun, tidak serta merta dapat KIPK lagi untuk semester kedua kalau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menurun, beasiswa tersebut dihentikan atau dialihkan ke mahasiswa lain.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X