KPK Rekomendasikan Konsolidasi Paket Pekerjaan Pengadaan Langsung Pemkab Tegal, Ini Alasannya

- Selasa, 14 Juni 2022 | 16:21 WIB
Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto (dok.Humas Pemkab Tegal)
Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto (dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekomendasikan konsolidasi atau penggabungan sejumlah paket pekerjaan pengadaan langsung barang dan jasa pemerintah Kabupaten Tegal.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tegal, Imam Rudy Kurnianto menyampaikan hal tersebut di ruang lobi Gedung Amartha Setda Kabupaten Tegal, Senin 13 Juni 2022.

Menurut Rudy, rekomendasi tersebut merupakan arahan KPK dari hasil monitoring control for prevetion (MCP) kepada jajaran Pemkab Tegal yang disampaikan saat rapat koordinasi program pencegahan korupsi dan optimalisasi pendapatan daerah, Selasa 7 Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Jadwal Nonton Film Cinepolis Pacific Mall, Selasa 14 Juni 2022

Hasil pemetaan KPK pada area intervensi pengadaan barang dan jasa Pemkab Tegal tahun 2022, lanjut Rudi, berpotensi inefisien.

''Indikasi ini terlihat tidak hanya dari nilai keseluruhan pagu paket pekerjaan lelang dengan pengadaan langsung yang timpang, tapi juga proporsi jumlah paket pekerjaan yang dilelang sebanyak 105 paket tidak sebanding dengan jumlah paket pekerjaan pengadaan langsung yang mencapai 6.300 paket,''paparnya.

Rudi mengungkapkan, melalui konsolidasi paket pekerjaan di bidang jasa konstruksi ini akan diperoleh penghematan belanja APBD.

Ia mencontohkan, dari tender paket pekerjaan pembangunan Mal Pelayanan Publik senilai Rp21,2 miliar diperoleh pemenang lelang dengan harga terkoreksi Rp17 miliar atau ada penghematan 19,8 persen dari nilai pagu.

''Sesuai rekomendasi KPK, kami harus melakukan konsolidasi paket pengadaan langsung untuk mencegah inefisiensi. Sehingga proses pengadaan paket pekerjaan yang sedang berjalan kami hentikan sementara waktu untuk diidentifikasi ulang paket-paket mana saja yang bisa dikonsolidasi,” kata Rudy.

Baca Juga: 5 Film Tayang di CGV Transmart Tegal Selasa 14 Juni 2022l, Ini Jadwal Nonton dan Tiket Masuk

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X