Jokowi Sumbang Sapi Kurban di Kabupaten Tegal Diserahkan ke Warga Desa Dermasuci

- Minggu, 10 Juli 2022 | 20:24 WIB
Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Minggu (10/7/2022). [Suara.com/F Firdaus]
Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Minggu (10/7/2022). [Suara.com/F Firdaus]

PANGKAH, AYOTEGAL.COM - Memperingati Hari Raya Idul Adha 2022, ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang satu ekor sapi kurban untuk warga korban tanah bergerak Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Sapi kurban Presiden Jokowi yang diserahkan oleh Kepala Biro Kesra Pemprov Jawa Tengah Imam Maskur kepada Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto, memiliki bobot hampir 1 ton pada Minggu 10 Juli 2022.

Penyerahan bantuan sapi tersebut dilakukan di Masjid Baeturobul Bariyah Desa Dermasuci usai pelaksanaan salat Idul Adha.

Baca Juga: Kisah Syekh Jambu Karang, Putra Raja Pajajaran di Tegal dan Asal Usul Nama Desa Karangjambu

Menurut Imam Maskur, Presiden Jokowi menyumbangkan tiga sapi untuk kurban di Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Tegal.

"Bantuan kemasyarakatan dari Presiden, tiap provinsi dikasih. Minimal beratnya 900 kg. Di Jateng ada tiga. Satu di Desa Dermasuci, dua di Kota Solo, khususnya daerah kesultanan," katanya.

‎Menurut Imam, dipilihnya Desa Dermasuci sebagai salah satu lokasi yang menerima bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi karena desa ini dilanda bencana tanah bergerak pada Februari 2022.

Bencana itu membuat ratusan rumah warga rusak dan penghuninya harus mengungsi.

"Dari Setpres (Sekretariat Presiden) memilih Desa Dermasuci karena kondisi desa ini diberikan cobaan oleh Allah, tanah bergerak. Paling tidak bantuan yang diberikan di sini bisa sedikit membantu," ucapnya seperti dilansir Suara.com (Jaringan AyoTegal).

Kepala Desa Dermasuci Mulyanto mengatakan, sapi sumbangan Presiden Jokowi untuk kurban di desanya merupakan sapi yang dibeli dari peternak lokal di Kabupaten Tegal. Adapun bobotnya mencapai 990 kg.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Sumber: Suarajawatengah.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X