197.520 Jiwa di Brebes Masuk Kategori Miskin Ekstrem, OPD Pemkab Keroyokan Luncurkan Program

- Rabu, 2 November 2022 | 16:40 WIB
Bupati Brebes Idza Priyanti memberikan bantuan stimulan modal usaha kepada warga (dok Diskominfotik Brebes)
Bupati Brebes Idza Priyanti memberikan bantuan stimulan modal usaha kepada warga (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Pemerintah Kabupaten Brebes terus gencar melakukan keroyokan untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem.

Upaya tersebut dilakukan dengan cara melibatkan peran dan intervensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui berbagai kegiatan pelatihan dan bantuan stimulan modal usaha.

Menurut Bupati Brebes Idza Priyanti, angka kemiskinan di Kabupaten Brebes sebesar 17,43 persen dari total penduduk 1,9 juta jiwa.

Baca Juga: Kota Tegal Alokasikan Rp 70,4 M untuk Atasi Kemiskinan Ekstrem, Sekda Primawati Sebut 3 Program Strategis

Sekitar 314.950 jiwa masuk kategori masyarakat miskin. Dari jumlah tersebut, 197.520 jiwa yang masuk miskin ekstrem.

Idza Priyanti menegaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan transformasi upaya penanggulangan kemiskinan dengan pemberdayaan masyarakat miskin melalui berbagai pelatihan.

''Seperti budidaya jamur, pelatihan pengembangan usaha pangan dan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok masyarakat rentan kemiskinan. Dengan demikian warga yang dibantu atau yang dilatih memiliki bekal usaha yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,''katanya.

Pelatihan tersebut antara lain, lanjut Idza, budidaya jamur oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan sasaran 100 orang di 4 Kecamatan Yakni Bulakamba, Losari, Ketanggungan Dan Larangan.

Para peserta mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 ribu per-orang. Selain itu, masing-masing peserta juga menerima bantuan 25 media tanam jamur.

Pelatihan Pengembangan Usaha Pangan yang digawangi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berupa kegiatan Ekonomi Produktif yakni membuat makanan ringan seperti Keripik pisang dan gorengan.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X