Ning Nawal Taj Yasin di Brebes Ungkap Peran Perempuan, Kenalkan Konsep Relasi Gender dalam Alquran

- Kamis, 3 November 2022 | 18:30 WIB
Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah, Ning Nawal Nur Arafah Taj Yasin (dok Diskominfotik Brebes)
Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah, Ning Nawal Nur Arafah Taj Yasin (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah, Ning Nawal Nur Arafah Taj Yasin menghadiri kegiatan pembinaan anggota Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes, Kamis 3 November 2022.

Dalam kesempatan itu, istri Wagub Jateng Taj Yasin tersebut mengatakan, baik buruknya kondisi bangsa ini bergantung pada peran perempuan di dalam rumah tangganya.

''Sebagai apa pun peran perempuan dalam kancah politik, bisnis, dan sebagainya namun peran strategis di dalam rumah tangganya akan mewarnai masyarakat secara makro untuk menjadi masyarakat yang religi,''katanya.

Baca Juga: Jadi Rute Alternatif ke Wisata Guci, Jalan Baru Sumbaga-Sokatengah Rampung Pertengahan November 2022

Untuk itu, lanjut Ning Nawal, perempuan perlu diberikan posisi yang prioritas sesuai dengan proporsi dan profesinya.

Menurut Ning Nawal, aktivitas wanita sudah cukup beraneka ragam sejak masa Nabi Muhammad SAW.

Bahkan nama-nama seperti Ummu Salamah (istri Nabi), Shafiyah, Laila Al-Ghaffariyah, Ummu Sinam Al-Aslamiyah, dan beberapa nama lainnya tercatat sebagai tokoh-tokoh yang terlibat dalam peperangan pada masa itu.

Ahli hadis Imam Bukhari, lanjut Nawal, telah membukukan bab-bab dalam kitab Shahih-nya, yang menginformasikan kegiatan-kegiatan kaum wanita.


Selanjutnya, dalam bidang perdagangan, nama istri Nabi yang pertama, Khadijah binti Khuwailid, tercatat sebagai seorang yang sangat sukses.


Demikian juga Qilat Ummi Bani Anmar yang tercatat sebagai seorang wanita yang pernah datang kepada Nabi untuk meminta petunjuk-petunjuk dalam bidang jual-beli.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X