Hampir 200 Ribu Kendaraan di Brebes Nunggak Pajak, Samsat Teken Kerjasama dengan BUMDes

- Kamis, 10 November 2022 | 18:56 WIB
Sosialisasi kepatuhan pajak di Brebes (dok Diskominfotik Brebes)
Sosialisasi kepatuhan pajak di Brebes (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Pengelola Pendapatan Daerah atau Samsat Kabupaten Brebes mencatat sebanyak 199.377 unit kendaraan bermotor menunggak pajak.

Jumlah kendaraan yang menunggak pajak tersebut dihitung dari total kendaraan di Brebes sejumlah 573.637 unit.

Hal itu disampaikan Kepala Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) atau Samsat Kabupaten Brebes Agung Breliantoro saat Sosialisasi Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor di Ballroom Hotel Dedy Jaya Brebes, Selasa 8 November 2022.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan 2022, Lanal Tegal Tabur Bunga di Dermaga Pelabuhan

Menurut Agung, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi angka tunggakan pajak kendaraan di Kabupaten Brebes.

Di antaranya Gerakan Disiplin Pajak Untuk Rakyat atau GADIS PANTURA dan juga Sosialisasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Agung menegaskan, tunggakan pembayaran pajak akan berdampak pada menurunnya penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Brebes.

lokasi DBH yang disalurkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke Pemerintah Kabupaten Brebes pada tahun 2021 sebesar Rp 181,6 miliar.

“Sedangkan alokasi DBH 2022 sampai September yang disalurkan ke Pemkab Brebes sebesar Rp 156 miliar,” tutur Agung.

Bupati Brebes, melalui Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT mengatakan kesadaran membayar pajak merupakan kewajiban bagi wajib pajak.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X