Cegah Banjir, Kelompok Peduli Sungai Masjaka di Brebes Bersih-bersih Kali Babakan

- Jumat, 11 November 2022 | 20:43 WIB
Bupati Brebes  Idza Priyanti ikut serta dalam kegiatan ormalisasi dan bersih sungai di bantaran Kali Babakan Desa Cimohong, Jumat 11 November 2022. (dok Diskominfotik Brebes)
Bupati Brebes Idza Priyanti ikut serta dalam kegiatan ormalisasi dan bersih sungai di bantaran Kali Babakan Desa Cimohong, Jumat 11 November 2022. (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Memasuki musim penghujan, masyarakat Brebes bergotong royong membersihkan sungai untuk mencegah terjadinya banjir.

Mereka yang berasal dari berbagai kalangan atau penthahelix serentak memotong ilalang, eceng gondok, dan sampah

Bupati Brebes Idza Priyanti ikut serta dalam kegiatan dan sekaligus membuka kegiatan normalisasi dan bersih sungai di bantaran Kali Babakan Desa Cimohong, Jumat 11 November 2022.

Baca Juga: KPU Kabupaten Tegal Sosialisasi Badan Ad Hoc Pemilu 2024, Ini Poin Penting Buat Pelamar PPK dan PPS

Dalam kesempatan itu, Idza Priyanti mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kelompok Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Jaga Kali (Masjaka).

Masjaka dinilai telah sukses menjadi motor penggerak dalam menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan sungai dan menjaga kelestarian Lingkungan.

Idza mengatakan banjir sering terjadi karena luapan air sungai akibat curah hujan tinggi karena sungai dangkal. Sungai menjadi dangkal akibat oleh sampah dan endapan matrial sungai yang semakin banyak sehingga sungaipun menyempit.

“Ilalang yang tumbuh di sepanjang aliran sungai, tentu bisa mengakibatkan air tidak bisa mengalir lancar hingga muara, ke laut,” ujar Idza.

Idza berharap dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan normalisasi dapat mengalirkan air sungai dengan lancar hingga ke muara, artinya banjir bisa dicegah.

Ketua KPS Masjaka Mafudin menjelaskan, kegiatan bersih sungai dan normalisasi sungai Babakan yang ada di Desa Cimohong hingga Krakahan akan dilaksanakan selama 30 Hari.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X