Media Gathering KPU Kota Tegal, Insan Pers Punya Peran Penting untuk Edukasi Politik dalam Pemilu 2024

- Minggu, 27 November 2022 | 18:56 WIB
Media Gathering KPU Kota Tegal di Hotel Grand Dian Guci (dok)
Media Gathering KPU Kota Tegal di Hotel Grand Dian Guci (dok)

BOJONG, AYOTEGAL.COM - Peran dan fungsi media dalam Pemilu 2024 menjadi kajian yang menarik dalam Media Gathering yang digelar oleh KPU Kota Tegal bertajuk 'Media dan Sukses Pemilu 2024' di Hotel Grand Dian Guci Tegal, Kamis 24 November 2022.

Peran media tidak sekadar menginformasikan kegiatan Pemilu semata, namun diharapkan bisa ikut berkontribusi dalam edukasi politik kepada masyarakat.

Menurut Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni, kegiatan gathering bersama insan pers merupakan sarana menjalin kerja sama, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga: CERITA TEGALAN Akhir Pekan, Tilik

Menurut Elvi, insan pers mempunyai peran penting untuk mengedukasi masyarakat bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi yang menggembirakan.

"Kami berharap edukasi tentang Pemilu bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga bisa turut meningkatkan partisipasi masyarakat," katanya.

Bukan hanya itu saja, lanjut Elvi, media juga diharapkan dapat meminimalisir informasi-informasi bohong yang bersifat provokatif, sehingga peran sentral media sangat diperlukan.

Dalam Media Gathering tersebut, KPU Kota Tegal juga menghadirkan praktisi media dari AyoTegal (Ayo Media Network) Dwi Ariadi, Ketua PWI Kota Tegal M Saekhun, dan dimoderatori oleh Komisioner KPU Kota Tegal Tomas Budiono.

Menurut Dwi Ariadi, edukasi dari media melalui karya jurnalistik yang profesional dalam Pemilu sangat dibutuhkan masyarakat di tengah era jurnalisme cepat saji. 

''Karena saat ini banyak sekali informasi-informasi tanpa filter yang bisa menyesatkan masyarakat dan mencederai Pemilu,''katanya. 

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X