196 Guru TK di Kabupaten Tegal Ikuti Seminar Kurikulum Merdeka

- Selasa, 29 November 2022 | 15:18 WIB
Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Dadang Darusman membuka Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendopo Amangkurat, Kamis 24 November 2022. (dok Humas Pemkab Tegal)
Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Dadang Darusman membuka Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendopo Amangkurat, Kamis 24 November 2022. (dok Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Sebanyak 196 guru TK Pertiwi mengikuti Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Yayasan Dian Dharma Kabupaten Tegal.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Dadang Darusman di Pendopo Amangkurat, Kamis 24 November 2022.

Menurut Dadang, kegiatan seminar ini berfungsi menambah bekal wawasan untuk mengejar ketertinggalan, mengatasi kesenjangan ilmu pengetahuan yang terus berkembang cepat dan bergerak dinamis di masa transisi menuju implementasi Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: HUT Korpri, 29 ASN Pemkab Tegal Terima Piagam Satyalencana Karya Satya

Di era Kurikulum Merdeka, lanjut Dadang, setiap guru dan kepala sekolah dituntut adaptif dalam mendukung, mengelola, mengembangkan kurikulum, dan membangun pembelajaran berbasis komunitas dengan memanfaatkan platform Merdeka Mengajar untuk mengatasi krisis pembelajaran atau learning loss selama hampir 20 tahun yang kemudian diperparah dengan pandemi Covid-19.

“Guru dan kepala sekolah dituntut mampu merancang, mengelola, menyampaikan, dan menilai proses pembelajaran tanpa ketentuan berapa menit per jam pelajarannya dan bagaimana pembelajaran melalui kegiatan terfokus bisa dilakukan,” kata Dadang.

Dadang berharap dengan adanya ruang keberagaman pada implementasi Kurikulum Merdeka ini diharapkan tidak membuat kesenjangan prestasi pelajar semakin tajam yang membuat anak-anak dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah semakin terpinggirkan.

“Jangan sampai disparitas sarana prasarana membuat sebagian peserta didik semakin tertinggal. Yang punya peluang maju memang harus didukung untuk terus melaju. Tapi yang masih tertinggal juga harus segera dicarikan solusinya,” ujarnya.

Baca Juga: Tim Bola Voli Kabupaten Tegal Siap Berlaga di Pra Porprov Jateng 2022, Targetkan Menang

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Yayasan Dian Dharma Cabang Tegal Ratna Widodo Joko Mulyono mengatakan seminar diselenggarakan untuk meningkatkan mutu tenaga kependidikan di 98 TK Pertiwi di bawah naungan Yayasan Dian Dharma Kabupaten Tegal.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X