Ngeri, HIV di Kabupaten Tegal Capai 1.504 Kasus, PKBI Gelar Peringatan HAS 2022

- Rabu, 7 Desember 2022 | 18:05 WIB
PKBI  Kabupaten Tegal menggelar peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2022 di Sanggar Pramuka Kwarcab Kabupaten Tegal, Selasa 6 Desember 2022.   (dok)
PKBI Kabupaten Tegal menggelar peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2022 di Sanggar Pramuka Kwarcab Kabupaten Tegal, Selasa 6 Desember 2022. (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Tegal menggelar peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2022 di Sanggar Pramuka Kwarcab Kabupaten Tegal, Selasa 6 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut, PKBI Kabupaten Tegal menggandeng puluhan Komunitas Orang dengan HIV/AIDS ODHA Sehati dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tegal serta mahasiswa STKIP NU Slawi.

Puncak Peringatan HAS ini diwarnai dengan penyalaan lilin yang membentuk simbol pita dan doa bersama.

Baca Juga: Lord Rangga Petinggi Sunda Empire Meninggal Dunia, Persab Brebes Kehilangan

Sekretaris KPA Kabupaten Tegal, Abdul Basit mengungkapkan HIV/AIDS trendnya terus meningkat setiap tahun.

Berdasarkan data kumulatif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, kata Abdul Basit, tercatat sampai dengan bulan Oktober 2022 berjumlah 1.504 kasus HIV yang sudah ditemukan.

"Semangat yang diusung dari tema HAS 2022 adalah untuk memperkuat komitmen dari pemangku kepentingan bekerja bersama dalam pencegahan dan pengendalian HIV menuju ending AIDS 2030,"ujar Basit.

Untuk itu, menurut Basit, HAS 2022 ini momentum yang sangat tepat untuk mengingatkan bahwa HIV /AIDS itu ada, perlu dukungan dari berbagai sektor bukan saja sektor kesehatan namun HIV sudah berdampak pada psikososial dan ekonomi.

Koordinator Program PKBI Kabupaten Tegal, Panji Pramustika Adhi menjelaskan, pihaknya menggandeng komunitas rentan ODHA dan mahasiswa dalam menggelar acara HAS 2022 untuk mengedukasi agar masyarakat terutama generasi muda menghindari dan paham dalam pencegahan penularan HIV.

"Dengan doa bersama kepada para pengidap HIV agar selalu diberikan kesehatan yang terbaik dan bisa menjalankan aktivitas sosial ekonominya setiap harinya," katanya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Musda, Lasqi Kabupaten Tegal Kembali Diaktifkan

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:11 WIB
X